Minggu, 31 Agustus 2008

Mendongeng Baik Untuk Anak Dan Orang Tua ?

Mendongeng Katanya Baik Untuk Anak Dan Orang Tua Ya ? Kok Bisa Dok ?

menjawab :

Membicarakan kedekatan antara orangtua dengan anak-anaknya sama halnya dengan membicarakan komunikasi dua arah antara keduanya. Tradisi ini tidak sulit untuk dibangun dan bisa dimulai dengan kebiasaan mendongeng dari para orangtua kepada anaknya.

Di sela-sela kesibukan pekerjaannya atau ketika mengantarkan anak-anak untuk tidur, orangtua bisa menyisipkan nilai-nilai moral melalui dongeng yang diceritakannya. Pesan moral yang ditanamkan sedikit demi sedikit -- seperti prinsip menabung -- akan mengendap dalam memori sang anak sehingga menjadi sesuatu nilai yang akan dibawanya hingga dewasa.

Melalui dongeng yang diceritakan orangtuanya, anak-anak bisa sekaligus mengembangkan imajinasinya. Pada saat yang sama, sang anak bisa bertanya banyak mengenai hal-hal yang menjadi pertanyaan atau pun mengganggu pikirannya. Tidak saja berkenaan dengan dongeng yang didengarnya tetapi juga berkenaan dengan pengalaman hidupnya sehari-hari.

Pada akhirnya, tradisi mendongeng ini akan mempererat hubungan antara para orang tua dengan anak-anaknya. Secara psikologis, anak merasa diperhatikan, disayangi sekaligus dijaga. Ini akan membuat sang anak tumbuh menjadi remaja yang baik dan kemudian menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan bijaksana.

0 komentar:

Langganan Artikel

Daftarkan Email Anda, untuk mendaptkan berita terbaru dari "Dokter Gaul"

Total pelanggan :

Enter your email address:

Tanya Dokter Gaul