Selasa, 30 Desember 2008

Penyajian yang baik akan menarik anak

20080808141138

Minggu, 28 Desember 2008

Jalan Kaki Cara Paling Mudah Cari Hidup Sehat

Dok Bener gak sih jalan kaki itu banyak manfaatnya ?

menjawab :

Jalan kaki adalah cara paling mudah dan murah untuk sehat dan bugar. Sebuah riset membuktikan, jalan kaki yang dilakukan rutin 40-50 km per minggu dapat memperpanjang umur. Inilah beberapa manfaat lain dari jalan kaki:

1. Satu menit jalan kaki dapat memperpanjang hidup 1,5-2 menit.

2. Jalan kaki selama 20 menit setiap hari membakar sekitar 3 kg lemak per tahun.

3. Jalan kaki selama 40 menit adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

4. Jalan kaki cepat 20-25 menit adalah kondisi terbaik bagi jantung dan paru-paru.

5. Membantu mengontrol selera makan.

6. Menurunkan beberapa risiko kanker, seperti kanker payudara.

Kamis, 25 Desember 2008

Kebiasaan buruk yang bisa merusak otak ?

Dok katanya ada beberapa hal yang jika jadi kebiasaan yang bisa merusak otak ?

menjawab

1. Tidak Sarapan Pagi
Mereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang.

2. Makan Terlalu Banyak
Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun.

3. Merokok
Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.

4. Mengkonsumsi gula terlalu banyak
Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak

5. Polusi Udara
Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.

6. Kurang Tidur
Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.

7. Menutup kepala saat tidur
Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.

8. Menggunakan pikiran saat sakit
Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran kita saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektifitas otak serta dapat merusak otak.

9. Kurang menstimulasi pikiran
Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.

10. Jarang berkomunikasi
Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

Senin, 22 Desember 2008

Jangan Biarkan Nak Terpaku Melihat Makanan

http://images.bhuanailmupopuler.multiply.com/image/2/photos/upload/300x300/RBjTwQoKCkQAACVH23s1/sehat10.JPG?et=b%2C2rVf7YSWwmk2XAM7ejow&nmid=5208921

Jumat, 19 Desember 2008

Mencegah Insomnia Dengan Cara Sederhana

Bagaimana cara mencegah insomnia dengan cara yang sederhana dok ?

menjawab :

Tidur berguna untuk pemulihan jaringan tubuh yang letih dan rusak. Kurang tidur akan menyebabkan proses pergantian sel-sel, termasuk sel darah merah, terganggu, mengakibatkan jumlah sel berkurang. Dampak serius yang biasanya terjadi adalah turunnya produktivitas. Selain sering mengantuk di siang hari, penderita insomnia atau sulit tidur, kerap tidak dapat memberikan pertimbangan untuk mengatasi masalah, menjadi pribadi yang sensitif, mudah terusik, bahkan oleh hal-hal kecil. Insomnia bisa terjadi karena berbagai hal, karenanya diperlukan beragam upaya untuk menanggulanginya.

1. Hindari kebiasaan tidur siang, terutama jika berlebihan, sebab akan mengurangi waktu tidur di malam hari.

2. Malam hari bukan waktu yang tepat untuk minum minuman berkafein, apalagi dibarengi merokok. Kafein dapat menggenjot denyut jantung, membuat sigap, memaksa mata untuk terjaga. Sedangkan nikotin bersifat neurostimulan yang "menodong" otak untuk tak istirahat. Agar gampang tidur, pecandu kopi sebaiknya menghabiskan cangkir terakhirnya sebelum pukul 3 petang. Bagi para perokok, usahakan batang rokok terakhir maksimal tiga jam sebelum tidur.

3. Jauhi alkohol. Meski dalam dosis ringan alkoho ldapat membuat rileks, mengantar tidur pulas, tapi bahan ini bisa membuat orang kecanduan. Begitu tidak menggunakannya lagi akan timbul efek kebalikannya yaitu tetap terjaga. Di sisi lain, alkohol juga menguras vitamin B yang mendukung sistem saraf.

4. Pilih waktu berolah raga pada petang hari, hindari melakukan kegiatan ini kala malam. Olah raga akan menyebabkan adrenalin terpompa, mengakibatkan orang jadi terjaga.

5. Biasakan melakukan relaksasi, salah satunya dengan membaca bacaan ringan sebelum tidur.

6. Minum susu hangat.
Susu kaya akan asam aminotriptofan. Meningkatnya kadar triptofan di dalam otak akan berdampak pada peningkatan produksi serotonin, yang membuat pikiran menjadi santai, dan memancing timbulnya kantuk.

Selasa, 16 Desember 2008

Aturan Minum Yang Baik, Jangan Berdiri

Dok Bener Gak Sih KIta Lebih BAik Minum Sambil Duduk Dibandingkan Berdiri ?

menjawab :

Ini dibuktikan dari segi kesehatan. Air yang masuk dengan cara duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada 'pos-pos' penyaringan yang berada di ginjal.

Nah. Jika kita minum berdiri. Air yang kita minum tanpa disaring lagi. Langsung menuju kandung kemih. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan disaluran ureter. Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter. Inilah yang bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal. Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya. Susah kencing itu penyebabnya.

Cara mengatasinya :
1. biasakan minum duduk.
2. banyak minum air putih.

Sekarang, apakah kita masih mau minum berdiri?

Sabtu, 13 Desember 2008

Kangkung Ternyata Banyak Manfaatnya

Kangkung katanya jadul tapi bner gak sih manfaatnya banyak dok ?

menjawab :

1. Mengurangi haid
Bahan: 1/2kg daun kangkung segar.
Pemakaian: Daun kangkung dicuci, tumbuk halus. Lalu, tuangkan air 1/2 gelas, berikutnya saring dan tuangkan 1 sendok makan madu. Minum 1 kali sehari sekaligus.

2. Mimisan
Bahan: Seikat daun kangkung segar.
Pemakaian: Daun kangkung dicuci, tumbuk halus. Tambahkan sedikit gula, seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin, saring, minum 2 kali sehari.

3. Sakit kepala
Bahan: Seikat daun kangkung segar.
Pemakaian: Daun segar direbus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Minum air hasil rebusan.

4. Ambeien
Bahan: Segenggam akar kangkung.
Pemakaian: Akar kangkung dicuci, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum 2 x 1/2 gelas.

5. Insomnia
Bahan: Daun kangkung.
Pemakaian: Sering-sering makan tumis kangkung tanpa batang.

6. Sakit gigi
Bahan: Segenggam akar kangkung, 1/2 sendok teh cuka
Pemakaian: Rebus akar kangkung dengan 1 gelas air.Gunakan air rebusannya sekaligus 1 kali sehari

7. Melancarkan air seni
Bahan: Segenggam akar kangkung.
Pemakaian: Akar kangkung direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas.Minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.

8. Ketombe
Bahan: Seikat daun kangkung
Pemakaian: Rendam daun kangkung semalaman hingga airnya berwarna kebiruan. Lalu, keramas dengan air rendaman. Lakukan setiap hari.

9. Sembelit, mual bagi ibu hamil
Bahan: Seikat daun kangkung.
Pemakaian: Makan tumisan sayur kangkung.

10. Gusi bengkak
Bahan: 200 gr akar kangkung.
Pemakaian: Akar kangkung dicuci bersih, lalu direbus dengan 200 cc air dan 200 cc cuka. Setelah hangat, air rebusan digunakan untuk kumur-kumur.Lakukan berulang-ulang.

11. Kapalan
Bahan: Getah kangkung.
Pemakaian: Bagian yang menebal diolesi getah kangkung.Lakukan setiap hari.

12. Kulit gatal karena eksim
Bahan: Daun kangkung segar secukupnya.
Pemakaian: Daun kangkung dicuci, lalu direbus dengan air secukupnya sekitar 5 menit. Setelah hangat, pakai untuk mencuci bagian yang sakit.Lakukan setiap hari.

13. Digigit lipan
Bahan: Daun kangkung.
Pemakaian: Daun kangkung dicuci bersih, tambahkan garam secukupnya.Giling sampai halus, bubuhkan di tempat yang sakit, lalu dibalut.

Rabu, 10 Desember 2008

Buatlah Rumah Anda Sejuk Dan Nyaman

http://rumahsakit.dagdigdug.com/files/2008/02/depan02.JPG

Minggu, 07 Desember 2008

Sebab apa sih yang mengakibatkan mengorok ?

Dok Suami Saya kok sering ngorok, apa sih yang mengakibatkan ?

menjawab :

Bisa dibilang ngorok adalah penyakit berisik yangsangat menganggu baik bagi si pendengkur sendirimaupun bagi si pendengar. Tapi yang pasti, dengkuranmenandakan adanya penyumbatan di saluran pernapasansaat seseorang sedang tidur. Nah, suara dengkuran yangmenggangu tersebut berasal dari usaha udara untukmelewati saluran sempit tersebut yang akhirnya keluarsebagai suara dengkuran.

Sederhananya, saat kita tidur, otot menjadi lebih rileks ketimbang saat kita terjaga (termasuk ototpernapasan), otot yang rileks membuat saluran napas menyempit dan mengakibatkan penyumbatan. Kondisi tersebut makin diperparah apabila penderita dalamposisi tidur telentang, sehingga lidah yang melemas terjatuh ke belakang, yang makin menimbulkan penyumbatan dan menciptakan getaran suara dengkuran.

Mendengkur sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis,ada dengkuran ringan, dengan suara halus danberlangsung terus-menerus yang dijumpai saat awaltidur dan umumnya merupakan tanda kelelahan.

Jenis lainnya adalah dengkuran keras, terputus-putus, serta diikuti hentakan napas yang dalam. Dalam istilah medis, pola dengkur henti napas ini disebut obstructive sleep apnea syndrome (OSAS).

Biasanya penderita gangguan napas obstruktif saattidur (OSAS) ini sering terbangun pada malam hari dengan jantung berdebar dan saat bangun pagi, biasanya penderita merasa kurang tidur, badan menjadi tak segar, dan tak jarang disertai sakit kepalaPrestasi BurukOSAS juga bisa juga menyerang anak-anak yang memiliki porsi berat badan berlimpah (gemuk) atau anak yangmenderita pembesaran amandel. Karena kurangnya tidurdimalam hari membuat anak menjadi mengantuk saat disekolah, bahkan membuat mereka dicap sebagai pemalas.

Kamis, 04 Desember 2008

Damai Itu Indah

http://www.freewebs.com/anewheart/Infinite_Peace.jpg

Rabu, 03 Desember 2008

Pengertian Teoritis Masa Remaja itu Apa ?

Dok Apa Sih Pengertian Teoritis Masa Remaja itu?

menjawab :

Masa remaja merupakan sebuah periode dalam kehidupan manusia yang batasannya usia maupun peranannya seringkali tidak terlalu jelas. Pubertas yang dahulu dianggap sebagai tanda awal keremajaan ternyata tidak lagi valid sebagai patokan atau batasan untuk pengkategorian remaja sebab usia pubertas yang dahulu terjadi pada akhir usia belasan (15-18) kini terjadi pada awal belasan bahkan sebelum usia 11 tahun. Seorang anak berusia 10 tahun mungkin saja sudah (atau sedang) mengalami pubertas namun tidak berarti ia sudah bisa dikatakan sebagai remaja dan sudah siap menghadapi dunia orang dewasa. Ia belum siap menghadapi dunia nyata orang dewasa, meski di saat yang sama ia juga bukan anak-anak lagi. Berbeda dengan balita yang perkembangannya dengan jelas dapat diukur, remaja hampir tidak memiliki pola perkembangan yang pasti. Dalam perkembangannya seringkali mereka menjadi bingung karena kadang-kadang diperlakukan sebagai anak-anak tetapi di lain waktu mereka dituntut untuk bersikap mandiri dan dewasa.
Memang banyak perubahan pada diri seseorang sebagai tanda keremajaan, namun seringkali perubahan itu hanya merupakan suatu tanda-tanda fisik dan bukan sebagai pengesahan akan keremajaan seseorang. Namun satu hal yang pasti, konflik yang dihadapi oleh remaja semakin kompleks seiring dengan perubahan pada berbagai dimensi kehidupan dalam diri mereka. Untuk dapat memhami remaja, maka perlu dilihat berdasarkan perubahan pada dimensi-dimensi tersebut.

Senin, 01 Desember 2008

Kok kehamilan tidak diinginkan marak terjadi ?

Kenapa Sih terjadi KTD (kehamilan tidak diinginkan)marak terjadi ?

menjawab :

Akhir-akhir ini banyak berita ditelevisi yang mengupas tentang KDT, kenapa hal ini bisa terjadi? Ini memang "ulah" hormon yang berkembang di dalam tubuh kita. Banyak hal yang terjadi saat hormon tersebut bekerja, salah satunya adalah dorongan seksual yang sangat besar. Dorongan tersebut membuat kita salah gaya. Tidak disalurkan kok bikin gelisah, namun kalau disalurkan, jelas dosa.
Ketika dorongan seksual datang ke kita, ya kita mesti menahan diri mengingat status kita sebagai remaja. Kita kan belum punya pasangan sah. Jadi enggak bisa menyalurkan dorongan seksual yang datang begitu saja dengan pacar (yang ini walaupun statusnya pasangan tapi belum sah secara hukum dan agama). Tapi ada juga sebagian di antara kita yang menganggap bahwa dorongan seksual yang datang ya harus disalurkan. Nah ini yang kadang-kadang suka bermasalah. Ternyata banyak juga yang enggak paham risiko dari hubungan seksual sebelum menikah.

Rabu, 12 November 2008

Radiasi Ponsel Berbahaya Buat Kesehatan Anak ?

Denger-denger Radiasi Ponsel Berbahaya Buat Kesehatan Anak Bener Gak ?

menjawab :

Orangtua harus berpikir dua kali sebelum memenuhi permintaan anaknya yang masih duduk di sekolah dasar memiliki telepon genggam. Sebab, menurut sebuah penelitian, menggunakan telepon genggam sejak dini mempunyai risiko jangka panjang untuk kesehatan mereka.

Para peneliti di National Radiology Protection Board, Inggris, mengatakan, radiasi elektromagnetik yang dihasilkan dari telepon gengam dapat merusak DNA dan mengakibatkan tumor otak. Orangtua seharusnya tidak memberikan telepon genggam pada anak-anak yang berusia 8 tahun atau di bawahnya sebagai tindakan pencegahan gangguan radiasi dari alat-alat tersebut.

“Ketika Anda menggunakan telepon genggam, 70-80 persen energi radiasi yang dipancarkan dari antena telepon itu diserap oleh kepala. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan, potensi dampak negatif dari penyerapan radiasi jangka panjang yang dipancarkan oleh telepon genggam. Sayangnya, hanya sedikit penelitian yang memfokuskan pada anak-anak,” ungkap Prof Henry Lai dari University of Washington, AS, seperti dikutip web MD Health.

Prof Henry mengatakan, efek radiasi pada anak-anak sangat mengkhawatirkan karena otak yang masih berkembang sangat mungkin terkena radiasi. Tumor otak biasanya berkembang selama 30 sampai 40 tahun. Anak-anak yang menggunakan telepon genggam sejak remaja akan mempunyai periode waktu yang lebih panjang sebelum terlihat dampaknya.

“Kita tidak tahu apakah anak-anak lebih mudah terkena radiasi," katanya sambil menyarankan agar orang-orang menggunakan headset guna menjauhkan antena dari kepal

Minggu, 09 November 2008

Anak Indonesia Jangan Cuman Nonton TV Aja

http://www.kidia.org/images.php/gambar/fileimages/4/

Kamis, 06 November 2008

Cara Melakukan Terapi Air

Bagaimana Melakukan Terapi Air ?

menjawab :

Pagi hari ketika anda baru bangun tidur (bahkan tanpa gosok gigi terlebih dahulu) minumlah 1.5 liter air, yaitu 5 sampai 6 gelas. Lebih baik airnya ditakar dahulu sebanyak 1.5 liter. Ketahuilah bahwa nenek moyang kami menamakan terapi ini sebagai "usha paana chikitsa".

Setelah itu anda boleh mencuci muka. Hal yang sangat penting untuk diketahui bahwa jangan minum atau makan apapun satu jam sebelum dan sesudah minum 1.5 liter air ini. Juga telah diteliti dengan seksama bahwa tidak boleh minum minuman beralkohol pada malam sebelumnya. Bila perlu, gunakanlah air rebus atau air yang sudah disaring.

Selasa, 04 November 2008

Jaga Anak Kita Saat Bermain

http://www.sumintar.com/wp-content/uploads/2008/08/belajar-naik-isa.jpg

Sabtu, 01 November 2008

Bagaimana Perkembangan Masa Remaja dari Segi Biologis?

Dok Gimana sih Masa Remaja dari Segi Biologis?

menjawab :

Pada saat seorang anak memasuki masa pubertas yang ditandai dengan menstruasi pertama pada remaja putri atau pun perubahan suara pada remaja putra, secara biologis dia mengalami perubahan yang sangat besar. Pubertas menjadikan seorang anak tiba-tiba memiliki kemampuan untuk ber-reproduksi.
Pada masa pubertas, hormon seseorang menjadi aktif dalam memproduksi dua jenis hormon (gonadotrophins atau gonadotrophic hormones) yang berhubungan dengan pertumbuhan, yaitu:
1) Follicle-Stimulating Hormone (FSH)
2). Luteinizing Hormone (LH).
Pada anak perempuan, kedua hormon tersebut merangsang pertumbuhan estrogen dan progesterone: dua jenis hormon kewanitaan. Pada anak lelaki, Luteinizing Hormone yang juga dinamakan Interstitial-Cell Stimulating Hormone (ICSH) merangsang pertumbuhan testosterone. Pertumbuhan secara cepat dari hormon-hormon tersebut di atas merubah sistem biologis seorang anak. Anak perempuan akan mendapat menstruasi, sebagai pertanda bahwa sistem reproduksinya sudah aktif. Selain itu terjadi juga perubahan fisik seperti payudara mulai berkembang, dll. Anak lelaki mulai memperlihatkan perubahan dalam suara, otot, dan fisik lainnya yang berhubungan dengan tumbuhnya hormon testosterone. Bentuk fisik mereka akan berubah secara cepat sejak awal pubertas dan akan membawa mereka pada dunia remaja.

Rabu, 01 Oktober 2008

Cara Menjadi Orang Tua Yang Baik Bagi Remaja ?

Bagaiama sih Caranya Menjadi Orang Tua Yang Baik Bagi Remaja ?

menjawab :

Memperlihatkan kepercayaan. Orangtua yang bijak selalu memberikan kepercayaan kepada penilaian anak remaja mereka, percaya kepada kemampuan mereka menjalankan tanggung jawab, dan mendorong mereka ikut dalam proses pengambilan keputusan. Mereka percaya tanpa perlu si remaja terus-menerus harus membuktikan bahwa mereka dapat dipercaya. Ini bukan berarti tidak memberikan bimbingan dalam bentuk batasan, tetapi memberikan kepercayaan kepada remaja bahwa mereka akan mengikuti batasan dan aturan itu.

Membangun respek diri. Orangtua bijak tidak akan membandingkan remaja mereka dengan saudara maupun teman sebaya. Membanding-bandingkan mengurangi respek diri dengan memandang rendah usaha remaja. Orangtua yang bijak menerima perbedaan individual, tetapi sekaligus memperlihatkan antusiasme terhadap minat anak remajanya.

Menghargai usaha dan perbaikan. Orangtua bijak akan secara sistematis mendorong usaha remajanya dan bukan hanya keberhasilan, orangtua yang bijak membantu remaja menemukan makna dari kerja dan perbaikan, juga keberhasilan. Memberi dorongan di sini berarti membimbing remaja untuk mengembangkan sasaran yang realistis sesuai kemampuannya dan menekankan proses, bukan hanya hasil.

Fokus pada kekuatan atau kelebihan dan aset remaja. Orangtua bijak tidak akan menggugat dan mencari kesalahan anak remajanya, tetapi memberi komentar yang menyejukkan mengenai aset yang mereka miliki. Di sini orangtua menjadi pencari bakat, selalu berusaha menemukan perilaku positif remajanya.

Selalu punya rasa humor. Tidak mudah menjadi orangtua bijak yang selalu mendorong anaknya ke arah pengembangan kepribadian yang sehat. Ketika kesabaran menurun, ketika kelelahan menyerang, humor sangat membantu dalam menjaga komunikasi agar tetap menyenangkan dan efektif.

Selasa, 30 September 2008

Perkembangan Kognitif pada Remaja?

Gimana sih Perkembangan Kognitif pada Remaja?

menjawab :

Kemampuan berpikir para remaja berkembang sedemikian rupa sehingga mereka dengan mudah dapat membayangkan banyak alternatif pemecahan masalah beserta kemungkinan akibat atau hasilnya. Kapasitas berpikir secara logis dan abstrak mereka berkembang sehingga mereka mampu berpikir multi-dimensi seperti ilmuwan. Para remaja tidak lagi menerima informasi apa adanya, tetapi mereka akan memproses informasi itu serta mengadaptasikannya dengan pemikiran mereka sendiri. Mereka juga mampu mengintegrasikan pengalaman masa lalu dan sekarang untuk ditransformasikan menjadi konklusi, prediksi, dan rencana untuk masa depan. Dengan kemampuan operasional formal ini, para remaja mampu mengadaptasikan diri dengan lingkungan sekitar mereka.
Pada kenyataan, di negara-negara berkembang (termasuk Indonesia) masih sangat banyak remaja (bahkan orang dewasa) yang belum mampu sepenuhnya mencapai tahap perkembangan kognitif operasional formal ini. Sebagian masih tertinggal pada tahap perkembangan sebelumnya, yaitu operasional konkrit, dimana pola pikir yang digunakan masih sangat sederhana dan belum mampu melihat masalah dari berbagai dimensi. Hal ini bisa saja diakibatkan sistem pendidikan di Indonesia yang tidak banyak menggunakan metode belajar-mengajar satu arah (ceramah) dan kurangnya perhatian pada pengembangan cara berpikir anak. penyebab lainnya bisa juga diakibatkan oleh pola asuh orangtua yang cenderung masih memperlakukan remaja sebagai anak-anak, sehingga anak tidak memiliki keleluasan dalam memenuhi tugas perkembangan sesuai dengan usia dan mentalnya. Semestinya, seorang remaja sudah harus mampu mencapai tahap pemikiran abstrak supaya saat mereka lulus sekolah menengah, sudah terbiasa berpikir kritis dan mampu untuk menganalisis masalah dan mencari solusi terbaik.

Minggu, 31 Agustus 2008

Mendongeng Baik Untuk Anak Dan Orang Tua ?

Mendongeng Katanya Baik Untuk Anak Dan Orang Tua Ya ? Kok Bisa Dok ?

menjawab :

Membicarakan kedekatan antara orangtua dengan anak-anaknya sama halnya dengan membicarakan komunikasi dua arah antara keduanya. Tradisi ini tidak sulit untuk dibangun dan bisa dimulai dengan kebiasaan mendongeng dari para orangtua kepada anaknya.

Di sela-sela kesibukan pekerjaannya atau ketika mengantarkan anak-anak untuk tidur, orangtua bisa menyisipkan nilai-nilai moral melalui dongeng yang diceritakannya. Pesan moral yang ditanamkan sedikit demi sedikit -- seperti prinsip menabung -- akan mengendap dalam memori sang anak sehingga menjadi sesuatu nilai yang akan dibawanya hingga dewasa.

Melalui dongeng yang diceritakan orangtuanya, anak-anak bisa sekaligus mengembangkan imajinasinya. Pada saat yang sama, sang anak bisa bertanya banyak mengenai hal-hal yang menjadi pertanyaan atau pun mengganggu pikirannya. Tidak saja berkenaan dengan dongeng yang didengarnya tetapi juga berkenaan dengan pengalaman hidupnya sehari-hari.

Pada akhirnya, tradisi mendongeng ini akan mempererat hubungan antara para orang tua dengan anak-anaknya. Secara psikologis, anak merasa diperhatikan, disayangi sekaligus dijaga. Ini akan membuat sang anak tumbuh menjadi remaja yang baik dan kemudian menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan bijaksana.

Kamis, 03 Juli 2008

Bagaimana bisa terjadi ketergantungan narkotika ?

Bagaimana bisa terjadi ketergantungan narkotika ?
Tidak semua yang baru mencoba narkotika dapat menjadi ketergantungan. Ada beberapa tahap yang dilalui setelah mencoba dan menikmati narkotika yaitu menjadi pemakaian sosial yang bertujuan hanya untuk bersenang-senang saja. Peningkatan selanjutnya menjadi pemakaian situasi artinya menggunakan narkotika pada saat-saat tertentu misalnya untuk menghalau perasaan stres, depresi atau sedih. Namun bilamana dipakai terus menerus minimal 1 bulan tanpa indikasi medis atau telah terjadi gangguan fungsi sosial maka keadaan ini telah bersifat menyimpang atau patologis atau dikatakan telah menyalahgunakan narkotika (abuse). Tingkat terakhir merupakan tingkat ketergantungan dengan adanya toleransi tubuh dan timbulnya gejala putus narkotika bila pemakaian dihentikan atau dikurangi atau tidak ditambah dosisnya.

Senin, 30 Juni 2008

Fenomena Kenakalan Remaja, Kok Bisa ?

Masalah Sosial yang dikategorikan dalam perilaku menyimpang diantaranya adalah kenakalan remaja. Untuk mengetahui tentang latar belakang kenakalan remaja dapat dilakukan melalui dua pendekatan yaitu pendekatan individual dan pendekatan sistem.
Dalam pendekatan individual, individu sebagai satuan pengamatan sekaligus sumber masalah.
Untuk pedekatan sistem, individu sebagai satuan pengamatan sedangkan sistem sebagai sumber masalah.
berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh suatu lembaga sosial, diperoleh hasil bahwa ternyata ada hubungan negatif antara kenakalan remaja dengan keberfungsian keluarga, artinya semakin baik fungsinya maka akan semakin rendah tingkat kenakalan anak-anaknya atau kualitas kenakalannya semakin rendah. Di samping itu penggunaan waktu luang yang tidak terarah merupakan sebab yang sangat dominan bagi remaja untuk melakukan perilaku menyimpang.

Jumat, 27 Juni 2008

Pencegahan Kenakalan Remaja

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja:
1. Kegagalan mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisa dicegah atau diatasi dengan prinsip keteladanan. Remaja harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang dewasa yang telah melampaui masa remajanya dengan baik juga mereka yang berhasil memperbaiki diri setelah sebelumnya gagal pada tahap ini.
2. Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya untuk melakukan point pertama.
3. Kemauan orangtua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif, dan nyaman bagi remaja.
4. Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orangtua memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul.
5. Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan.

Selasa, 24 Juni 2008

Faktor Eksternal Kenakalan Remaja

Faktor eksternal:

  1. Keluarga
    Perceraian orangtua, tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga, atau perselisihan antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negatif pada remaja. Pendidikan yang salah di keluarga pun, seperti terlalu memanjakan anak, tidak memberikan pendidikan agama, atau penolakan terhadap eksistensi anak, bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja.
  2. Teman sebaya yang kurang baik
  3. Komunitas/lingkungan tempat tinggal yang kurang baik.

Senin, 23 Juni 2008

Apa sih efek dari racun rokok?

1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.

2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.

3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.

4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.

5. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.

6. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.

Jadi buat para perokok, cobalah untuk berhenti merokok, karena ga cuma ngerugiin diri sendiri tapi juga ngerugiin orang lain.

Sabtu, 21 Juni 2008

Penyebab Terjadinya Kenakalan Remaja

Penyebab terjadinya kenakalan remaja

Perilaku 'nakal' remaja bisa disebabkan oleh faktor dari remaja itu sendiri (internal) maupun faktor dari luar (eksternal). Faktor internal:

1. Krisis identitas
Perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi. Pertama, terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya. Kedua, tercapainya identitas peran. Kenakalan remaja terjadi karena remaja gagal mencapai masa integrasi kedua.
2. Kontrol diri yang lemah
Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku 'nakal'. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.

Rabu, 18 Juni 2008

Kalau Ada Kenakalan Remaja, Ada Juga Donk Kenakalan Orang Tua ?

Kenapa selalu remaja yang banyak diperbincangkan?Ya mungkin karena remaja itu banyak aktivitasnya. Mulai dari belajarnya, aktivitasnya dengan keluarganya, dengan temannya sampai dengan perkembangan jaman yang mulai dimengertinya. Remaja itu mengalami pubertas dimana mereka itu mengalami banyak perubahan. Mereka itu cenderung mencoba hal yang baru. Sampai-sampai aktivitas atau perbuatan remaja itu menuju ke hal yang negatif. Perbuatan yang negatif itulah yamg disebut-sebut kenakalan remaja. Mereka ingin menikmati indahnya bercinta hingga melakukan pacaran melampaui batas. Oleh karena itu mereka bisa terjerumus dalam seks bebas.Ikut-ikutan teman untuk merokok, minum minuman keras sampai tertarik untuk mencoba narkoba. Sebenarnya ini bukan sepenuhnya salah si remaja tersebut. Mulanya mereka itu ingin mendapatkan kasih sayang dan perhatiaan dari orang tua mereka namun karena keadaan orang tua mereka yang katanya sibuk sehingga mereka ingin mendapatkan dari orang lain. Yaitu dengan bercinta yang kemudian menuju ke seks bebas. kita lihat satu contoh teman saya, ia itu suka merokok, minum minuman keras dan sering berkelahi. Kita melihat dari dirinya, dia itu sangat nakal tapi coba kita lihat ke dalam kehidupannya. Keluarganya broken home. Dan ada pula orang tua yang malah membeci anaknya karena kenakalannya sehingga ia pun tidak didukung untuk melanjutkan sekolahnya bahkan kehidupannya. Seharusnya orang tua itu mendukung, memberi semangat untuk cita-cita anaknya agar si anak itu merasa kalau dirinya itu mendapatkan perhatiaan dari orang tuanya. Orang tua juga harus melindungai anak-anaknya agar mereka merasa nyaman dan tidak akan terpengaruh dengan perbuatan-perbuatan yang negatif. Seandainya orang tua tidak bisa memperlakukan anaknya seperti itu maka mengapa disebut Kenakalan remaja ? Kenapa nggak disebut Kenakalan Orang tua? Kalau keadaannya seperti itu kan bukan hanya kenakalan remaja saja.

Minggu, 15 Juni 2008

Apa Sih Akibat Penyalahgunaan Narkoba untuk Kesehatan Reproduksi

Zat narkotika yang dikonsumsi saat berhubungan seksual dengan pasangan dapat menghadirkan suatu sensasi seks yang berbeda dan sangat istimewa. Dalam hal ini berupa kemampuan senggama yang lebih lama, pemuasan seks yang dasyat bagi pasangan dan kenikmatan yang lebih tinggi. Anggapan yang keliru tersebut, sebenarnya muncul melalui pengaruh dari beberapa zat narkotika yang ketika digunakan memang dapat menyebabkan suatu perasaan euforia (kegembiraan) dan peningkatan kepercayaan diri serta mood dari si pemakai. Sehingga, kemudian mereka seperti menemukan suatu alat bantu yang cocok dalam meningkatkan kemampuan seksualnya dalam bentuk perasaan perkasa akibat keyakinan diri yang membumbung tinggi melalui pengaruh zat narkotika tersebut.
Zat narkotika selain mengakibatkan suatu gangguan pada kondisi fisik, ternyata juga dapat menyebabkan suatu penurunan pada libido (hasrat) dan bangkitan (nafsu) seksual apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Pada kaum pria, paparan zat narkotika yang berlangsung lama dapat menyebabkan suatu permasalahan disfungsi seksual berupa gangguan kemampuan ereksi, orgasme dan ejakulasi. Berdasarkan penelitian di negara Barat, disfungsi seksual dapat di induksi oleh penggunaan alkohol atau zat seperti amfetamin (extasy), kokain, opioid (heroin), hipnotik-sedatif dan ansiolitik (benzodiazepine). Permasalahan disfungsi seksual tersebut dapat terjadi pada waktu sebulan setelah mengalami intoksikasi zat atau ketagihan zat narkotika melalui pengaruh stres yang dialami pemakainya. Penyalahgunaan zat hipnotik-sedatif, opiat dan opioid (heroin) secara jelas dapat menurunkan nafsu seksual berupa kegagalan ereksi dan penurunan libido. Alkohol, kokain dan amfetamin pada awalnya memang membuat pemakainya mengalami peningkatan energi sehingga dapat menjadi sangat aktif secara seksual. Tetapi kemudian malah timbul disfungsi seksual berupa kehilangan nafsu seksual dan ereksi.
Pada pria, efek jahat narkotika ini meliputi suatu penurunan keinginan seksual, kegagalan ereksi (impotensi), penurunan volume ejakulasi, atau ejakulasi terlambat. Efek narkoba tersebut ternyata tidak hanya menimpa kaum pria saja, tetapi kaum wanita dapat pula mengalami suatu permasalahan disfungsi seksual akibat penyalahgunaan narkotika, yaitu berupa penurunan keinginan seksual, penurunan lubrikasi (lendir) vagina, orgasme yang terhambat atau terlambat, dan penurunan atau tidak adanya kontraksi otot vagina. Selain itu, ternyata alkohol dan cannabis (ganja) juga dapat menurunkan jumlah testosteron pada pria sehingga hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kualitas sperma yang diproduksi.
Untuk para pecandu narkoba tentu saja perlun mewaspai hal ini, banyak efek merugikan dari narkoba. Cobalah keluar dari pengaruh NARKOBA dan cobalah hidup yang lebih indah tanpa narkoba

Kamis, 12 Juni 2008

Kenakalan Remaja Dan Kehidupan Agama

Hubungan antara kehidupan beragama keluarganya dengan tingkat kenakalan

Kehidupan beragama kelurga juga dijadikan salah satu ukuran untuk melihat keberfungsian sosial keluarga. Sebab dalam konsep keberfungsian juga dilihat dari segi rokhani. Sebab keluarga yang menjalankan kewajiban agama secara baik, berarti mereka akan menanamkan nilai-nilai dan norma yang baik. Artinya secara teoritis bagi keluarga yang menjalankan kewajiban agamanya secara baik, maka anak-anaknyapun akan melakukan hal-hal yang baik sesuai dengan norma agama. Berdasarkan data yang ada mereka yang keluarganya taat beragama 6 responden (20%), kurang taat beragama 15 responden (50%), dan tidak taat beragama 9 responden (30%). Dari tabel korelasi diketahui 70% dari responden yang keluarganya kurang dan tidak taat beragama melakukan kenakalan khusus.

Dengan demikian ketaatan dan tidaknya beragama bagi keluarga sangat berhubungan dengan kenakalan yang dilakukan oleh anak-anaknya. Hal ini berarti bahwa bagi keluarga yang taat menjalankan kewajiban agamanya kecil kemungkinan anaknya melakukan kenakalan, baik kenakalan yang menjurus pada pelanggaran dan kejahatan maupun kenakalan khusus, demikian juga sebaliknya.

Senin, 09 Juni 2008

Hubungan Keutuhan Keluarga Dan Kenakalan Remaja

Hubungan antara keutuhan keluarga dengan tingkat kenakalan

Secara teoritis keutuhan keluarga dapat berpengaruh terhadap kenakalan remaja. Artinya banyak terdapat anak-anak remaja yang nakal datang dari keluarga yang tidak utuh, baik dilihat dari struktur keluarga maupun dalam interaksinya di keluarga

Dilihat dari keutuhan struktur keluarga, 21 responden (70%) dari keluarga utuh, dan 9 responden dari keluarga tidak utuh. Berdasarkan data pada tabel korelasi ternyata struktur keluarga ketidak utuhan struktur keluarga bukan jaminan bagi anaknya untuk melakukan kenakalan, terutama kenakalan khusus. Karena ternyata mereka yang berasal dari keluarga utuh justru lebih banyak yang melakukan kenakalan khusus.

Namun jika dilihat dari keutuhan dalam interaksi, terlihat jelas bahwa mereka yang melakukan kenakalan khusus berasal dari keluarga yang interaksinya kurang dan tidak serasi sebesar 76,6%. Perlu diketahui bahwa keluarga yang interaksinya serasi berjumlah 3 responden (10%), sedangkan yang interaksinya kurang serasi 14 responden (46,7%), dan yang tidak serasi 13 responden (43,3%). Jadi ketidak berfungsian keluarga untuk menciptakan keserasian dalaam interaksi mempunyai kecenderungan anak remajanya melakukan kenakalan. Artinya semakin tidak serasi hubungan atau interaksi dalam keluarga tersebut tingkat kenakalan yang dilakukan semakin berat, yaitu pada kenakalan khusus.

Jumat, 06 Juni 2008

Bagaimana Hubungan Anak Indonesia dan Bahaya Rokok?

Anak Indonesia Harus Dilindungi dari Bahaya Rokok
Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mengatakan, lebih dari 43 juta anak Indonesia merupakan perokok pasif karena tinggal bersama pecandu rokok. Hal inidapat berakibat buruk terhadap kesehatan di usia dini danpada saat dewasa.
“Anak-anak yang terpapar asap tembakau dapat mengalami pertumbuhan paru yang lambat, juga lebih mudah terkena bronchitis dan infeksi saluran pernapasan dan telinga serta asma, ”
Tentu hal ini menjadi dilema tersendiri bagi bangak Indonesia. Banyaknya anak-anak Indonesia yang tidak dapat mengenyam pendidikan dan minimnya pengetahuan serta pengaruh dari orang lain yang kuat tentu menjadi faktor penyebab mengapa anak-anak merokok.
Apalagi banyak pendapat dimasyarakat yang mengatakan kalau "merokok itu keren", "merokok itu baru cowok", inilah momok yang terjadi dimasyarakat.
tentu untuk menanggulangi hal ini pemerintah harus berupaya menyadarkan anak-anak tentang rokok dan bahaya rokok bagi kesehatan anak baik sekarang maupun yang akan datang.

Selasa, 03 Juni 2008

Pengaruh Chatting Pada Remaja

Remaja Bertanya :
Dok Tau Gak Bagaimana Dampak Chatting Terhadap Kehidupan Saya ?

Dokter Menjawab :

Chatting adalah media komunikasi lewat, teks, suara bahkan gambar melalui media internet, hanya saja dipisahkan oleh tempat. Melalui Yahoo Messenger, Mirc, dan lain-lain Siapa yang tak kenal chatting terutama dikalangan remaja, begitu digandrungi selain situs jejaring sosial semacam friendster, facebook dan situs jejaring sosial lainnya, fenomena ini begitu memberi dampak bagi remaja baik secara langsung atau tidak, bagi kalangan orang tua media – media seperti ini kurang begitu familiar akan media internet yang menyediakan menu atau konten. Internet menurut saya sungguh dasyat sekali pengaruhnya bagi para remaja, maka dari itu kita sebagai orang tua harus bisa memberikan arahan dan ketentuan dalam pemakaian internet bagi putra – putrid kita. baik dirumah atau diluar rumah. Kecenderungan anak usia remaja yang ingin tahu akan hal – hal yang belum dijumpai dalam kehidupan sehari – hari. Misalnya pornografi dan sejenis nya. Dibawah ini saya akan memberikan dampak dari media chatting adalah sebagai berikut :
Awal kali para chatter ini menganggap chatt adalah hal iseng, tapi lama – ke lamaan akan memberikan rasa candu, yang ujung-ujung lupa waktu akan tugas nya sehari-hari.
Memberikan kepuasan dikala anak merasa bosan dengan rutinitas dirumah, karena bisa bertegur sapa dan bercanda dengan teman baru nya di dunia maya.
memberikan pengaruh pada kepribadian anak, karena cenderung mengikuti pola atau karakter lawan chatting nya.
Membayakan dirinya sendiri, mayoritas pechatter, akan merasa penasaran dengan lawan chatting nya yang berujung pada tukar no hp atau rumah dan kopi darat atau bertemu di dunia nyata. Hal inilah yang kebanyakan dimanfaatkan oleh orang hidung belang / pelaku pedofilia untuk mencari korbannya. Maka kita sebagai orang tua harus bisa mengawasi anak kita dari bahaya ini.
media ini rentan dan membahayakan karena sekarang ini media chatting sudah sangat canggih, dengan adanya chatting lewat Handphone yang ditawarkan oleh operator seluler baru. Baru ini, penulis pernah menjumpai banyak dikalangan pelajar, yang dikala pelajaran tidak focus dengan pelajarannya malah berasyik-masyuk chatting lewat hp.

Jumat, 30 Mei 2008

Waduh Bagaimana Nih Biar Harga Diri Anak Saya Kembali ?

Orang Tua Bertanya :
Dok Gimana Caranya Memperbaiki Harga Diri Anak ?

DG Menjawab :

Jika menilik persoalan carut marut bangsa yang tergelincir berulang kali pada krisis panjang. Jika menelisik dampaknya kenaikan BBM, justru membuat anak-anak bertambah bodoh. Bagaimana tidak? Dampak yang paling nyata pada anak. Kenaikan harga BBM, mengakibatkan harga bahan pokok makanan membumbung tinggi. Konsumsi makanan anak tidak terjangkau. Anak sekolah dari kalangan keluarga miskin, banyak tidak makan saat pergi ke sekolah, kecerdasannya menurun karena sumber energinya kurang. Mereka makan tidak memenuhi asupan gizi. Mereka cepat ngantuk dan terlelap saat belajar disekolah. Anak-anaklah yang paling menderita. Mereka tidak memperoleh hak-hak hidup dan perlindungan secara layak. Untuk apa mendapat SPP gratis di sekolah, apabila kebutuhan makan mereka terlantar?

Krisis multidimensi semakin menyengsarakan rakyat. Krisis ekonomi, moral dan politik-sosial makin membuat rakyat ringkih. Pemerintah dan rakyat kebanyakan tidak bersikap jujur. Masih saling menyalahkan dan tidak menerima kenyataan pahit untuk lebih bekerja keras, disiplin dan tekun mengatasi krisis. Selama ini, pembangunan bangsa hanya menyandarkan pada hutang keluar negeri dan terus hidup dalam ketidakjujuran. Manipulasi data, korupsi dan menutup-nutupi kesalahan yang ada. Akibatnya bangsa ini terus menerus membuat rakyat sengsara. Semakin hari, menyiksa rakyat miskin. Kemalasan dan lambat merupakan kinerja bangsa Indonesia. Negara berdalih menaikkan harga BBM untuk memberikan subsidi pada masyarakat miskin, justru membuat rakyat banyak yang risau, sakit dan stress berkepanjangan. Sebenarnya kenaikan BBM untuk rakyat atau pasar bebas? Disinilah harga diri bangsa dipertaruhkan, apakah pemerintah lebih menghargai pasar bebas atau menghargai rakyat jelata?. Apabila pemerintah masih konsern terhadap kepentingan rakyat jelata, mestinya kenaikan BBM, minyak tanah perlu ditinjau ulang. Tidakada salahnya mengambil pelajaran dari gejala kepanikan rakyat. Contoh, kepanikan rakyat saat antre mengambil subsidi BBM, menyebabkan meninggalnya beberapa orang. Pemerintah semestinya tanggap dan peka untuk meninjau ulang kebijakannya.

Harga Diri Menentukan Pandangan, Aksi Dan Perilaku Manusia

Harga diri modal manusia untuk menakar keberadaan dirinya. Harga diri ialah cara manusia untuk melihat dan bercermin serta menilai diri. Harga diri dapat bermanfaat dan merugikan manusia. Harga diri adalah cara manusia menghargai dirinya dan orang lain. Harga diri disebut juga kehormatan diri. Nilai bagi manusia mencapai produktivitas kerja. Harga diri menentukan manusia untuk sukses atau gagal dimasa mendatang. Apa peran harga diri dalam menjalani hidup?

Harga diri menentukan cara pandang manusia, banyak manusia yang salah kaprah dalam menilai harga dirinya. Misalnya menyandarkan harga diri pada kecantikan dan ketampanan fisik, kekayaan dan kecerdasan semata. Ironiknya, karena mempertahankan harga diri materialistiknya, mereka rela melakukan korupsi berjamaah meraup kekayaan. Dengan dalih harga dirinya, sampai berkelahi dan saling membunuh demi menjaga gengsi dan status keluarganya. Harga diri sebagai cara pandang yang menuntun perilaku manusia menjalani hidupnya. Harga diri didasarkan pada sistem niliai budaya. Penganut nilai materialisme cenderung mengeksploitasi harga diri kearah pemujaan seks. Kecenderungan budaya memuja seks, semakin menghargai kecantikan dan menghukum orang-orang buruk rupa. Bisnis hiburan menempati posisi tawar tinggi menggairahkan pasar di tengah krisis bangsa ini.

Kecantikan dan ketampanan fisik mendominasi cara pandang dunia hiburan, seperti acara televisi dan film bioskop. Film-film ditayangkan dengan menekankan pada erotisme dan bentuk tubuh seksi. Pajangan iklan dikaitkan dengan aroma seks terhadap lawan jenis. Orang yang menyandarkan harga diri pada kecantikan fisik, mengejar obsesi kesempurnaan fisik dengan beragam cara, misalnya operasi plastic, obat-obatan kecantikan tubuh. Tidak perduli resiko dari harganya mahal. Dampak dari obesesi tersebut membuat orang dalam keadaan tidak pernah puas dan risau dengan fisik yang kurang sempurna. Akibatnya, harga diri yang rendah melahirkan epidemic yang menyebabkan orang sakit dan menderita. Orang merasa tidak berharga karena buruk rupa, miskin dan bodoh. Cara pandang harga diri seperti membuat orang cenderng labil, tidak kuat dan mengakibatkan patologi serta stress. Lalu bagaimana harga diri yang benar?

Harga diri yang menuntun pandangan nilai, aksi dan konteks manusia menjalani hidup. Harga diri yang hakiki seperti kejujuran, tanggung jawab, kebaikan hati, cinta kepada Tuhan dan sesama manusia, kebenaran dan pengabdian kepada Tuhan. Harga diri yang didasarkan pada nilai kejujuran akan mampu memberikn penerimaan yang tulus tentang keadaan dirinya, baik kemampuan maupun kekurangan yang dimiliki. Karena setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan bercermin secara penuh jujur maka akan memiliki kerelaan untuk melihat dan menghargai semua apa yang dimilikinya, pengalaman masa lalu, sekarang dan mendatang.

Harga diri telah berbentuk dari semenjak anak-anak. Selayaknya, membangun karakter anak-anak bangsa dengan harga diri yang kuat dan benar. Apabila menyandarkan pada perubahan harga diri aparat sekarang, rasanya sulit, karena mesin birokrasi telah terjadi sekian lama. Untuk itu, memperbaiki bangsa dengan mengawal perubahan sejak dini pada generasi mendatang merupakan keniscayaan. Bagaimana membangun harga diri anak-anak bangsa ditengah carut marut global?

Membangun Harga diri Anak Bangsa

Anak-anak adalah manusia biasa. Kehadiran anak-anak didunia adalah pilihan orang tua. Anak-anak sangat ingin dicintai dan diterima seperti apa adanya diri mereka. Apabila anak merasa dicintai oleh orrang tua, maka ia cenderung untuk menerima perasaan berharga sebagai seorang manusia. Sebaliknya, apabila anak dianggap sebagai beban bagi orang tua, maka anak-anak akan merasa kehadirannya ditolak dan merasa tidak dicintai. Jika kemungkinan ditolak sangat mendominasi anak, maka akan berkembang kemauannya dengan kuat untuk melakukan penganiayaan bagi dirinya sendiri hingga melakukan pembunuhan diri. Maka, usaha orang tua dalam menyikapi anak memerlukan sikap yang hangat, lembut, cinta dan perduli.

Orang tua bisa membuat ruangan dihatinya untuk menyayangi anak-anak yang kurang sempurna. Orang tua sejatinya menilai dan memeriksa nilai-nilai yang akan ditransfer kepada anak. Untuk itulah, penting bagi orang tua untuk berhati-hati melontarkan kata-kata agar anak tidak menghancurkan harga dirinya sejak awal. Apa yang perlu dihindarkan oleh orang tua:
(1) jangan menghina atau mengecam fisik anak. Bagaimanapun, hinaan ke wilayah fisik merupakan hal sensitif. Anak bisa kehilangan kepercayaan dirinya karena cercaan atau label fisik. Lalu bagaimana cara orang tua menempatkan anak? Anak perlu diberikan penguatan untuk menerima bentuk fisik seperti apa adanya mereka. Memberikan kesadaran yang jernih (insight) untuk mengembangkan diri secara terus menerus tanpa merisaukan bentuk fisik yang tidak bisa diubah. Kalaupun orang tua bisa memperbaiki bentuk fisik anak, bantulah mencapai kesempurnaanya dengan tanpa harus mencaci maki. Sebab caci maki orang tua, sangat besar pengaruhnya kepada pertumbuhan anak. Betapa banyak anak-anak yang dihancurkan harga dirinya sejak mereka masih diusia dini, seperti ucapan “bodoh” oleh orang tua/kakak/guru.

(2). Jangan membuat anak selalu terancam. Jika anak selalu berada dalam tekanan dan ketakutan, maka anak akan belajar untuk menjadi seorang penakut. Ajari anakanak memiliki keberanian untuk hidup. Menyelesaikan tantangan dan tugasnya secara bertanggung jawab.
Pada akhirnya, agar orang tua bisa menyayangi anak dengan sepenuh hati dan jiwa, tentu membutuhkan ketenangan dan kesejahteraan. Jika para orang tua harus letih dan tidak punya waktu, maka sulit mengontrol perilakunya saat bersama anak. Disitulah, pentingnya para orang tua perlu mendapat payung dari negara yang menyejahterakan, bukan negara yang membuat rakyat menderita.

DG Dibantu oleh : Najlah Naqiyah

Selasa, 27 Mei 2008

Tips Trik UNAS Menyelesaikan Soal Ujian

Dok Bagaimana Caranya Agar Anak Saya Bisa Menyelesaiakan UNAS Dengan Baik ?


Buk Saya Ini Dokter Gaul, Bukan Guru Gaul. Tapi, karena saya profesional mungkin saya ada beberapa tips untuk anak ibuk. Ini dia, masalah kayak begini tanya aja ama DG.


Berikut ini ada 10 tips untuk membantu adik-adik kita yang masih duduk di bangku sekolah dalam mengerjakan ujian:

1. Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.
Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

2. Tenang dan percaya diri.
Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik.

3. Bersantailah tapi waspada.
Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak.

4. Preview soal-soal ujianmu dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas)
Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

5. Jawab soal-soal ujian secara strategis.
Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kamu ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya kamu kerjakan adalah:
- soal paling sulit
- yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya
- memiliki nilai terkecil

6. Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.
Mula-mula, abaikan jawaban yang kamu tahu salah. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kamu tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan.

7. Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.
Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis. Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kamu diskusikan dulu.

8. Ketika mengerjakan soal ujian esai, jawab langsung poin utamanya.
Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama. Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu. Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetil. Dukung poinmu dengan informasi spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.

9. Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.
Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

10. Analisis hasil ujianmu.
Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu. Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah. Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.

Sabtu, 24 Mei 2008

Biar Anak Tertarik Belajar Matematika

Dok Matematika Itu Pelajaran Yang Aneh Ya ? Kok Kaku Banget ?



Waduh Kalo Ini mah pertanyaan yang sulit dijawab dokter, tapi untuk remaja yang penasaran dokter kasi sebuah misteri matematika. Biar kalian penasaran kok bisa dapet gini dan tertarik deh dengan matematika

1 x 8 + 1 = 9
12 x 8 + 2 = 98
123 x 8 + 3 = 987
1234 x 8 + 4 = 9876
12345 x 8 + 5 = 98765
123456 x 8 + 6 = 987654
1234567 x 8 + 7 = 9876543
12345678 x 8 + 8 = 98765432
123456789 x 8 + 9 = 987654321

1 x 9 + 2 = 11
12 x 9 + 3 = 111
123 x 9 + 4 = 1111
1234 x 9 + 5 = 11111
12345 x 9 + 6 = 111111
123456 x 9 + 7 = 1111111
1234567 x 9 + 8 = 11111111
12345678 x 9 + 9 = 111111111
123456789 x 9 +10= 1111111111

9 x 9 + 7 = 88
98 x 9 + 6 = 888
987 x 9 + 5 = 8888
9876 x 9 + 4 = 88888
98765 x 9 + 3 = 888888
987654 x 9 + 2 = 8888888
9876543 x 9 + 1 = 88888888
98765432 x 9 + 0 = 888888888

(0 x 9) + 8 = 8
(9 x 9) + 7 = 88
(98 x 9) + 6 = 888
(987 x 9) + 5 = 8888
(9876 x 9) + 4 = 88888
(98765 x 9) + 3 = 888888
(987654 x 9) + 2 = 8888888
(9876543 x 9) + 1 = 88888888
(98765432 x 9) + 0 = 888888888
(987654321 x 9) - 1 = 8888888888

3 x 37 = 111
6 x 37 = 222
9 x 37 = 333
12 x 37= 444
15 x 37 = 555
18 x 37 = 666
21 x 37 = 777

24 x 37 = 888
27 x 37 = 999

1 x 8 + 1 = 9
12 x 8 + 2 = 98
123 x 8 + 3 = 987
1234 x 8 + 4 = 9876
12345 x 8 + 5 = 98765
123456 x 8 + 6 = 987654
1234567 x 8 + 7 = 9876543
12345678 x 8 + 8 = 98765432
123456789 x 8 + 9 = 987654321

32 + 42 = 52
102 + 112 + 122 = 132 + 142
212 + 222 + 232 + 242 = 252 + 262 + 272
362 + 372 + 382 + 392 + 402 = 412 + 422 + 432 + 442

1 x 1 = 1
11 x 11 = 121
111 x 111 = 12321
1111 x 1111 = 1234321
11111 x 11111 = 123454321
111111 x 111111 = 12345654321
1111111 x 1111111 = 1234567654321
11111111 x 11111111 = 123456787654321
111111111 x 111111111 = 12345678987654321
Matematika adalah sebuah Kebenaran. Tidak akan ada yang bisa menyangkal hasilnya. Juga salah satu keindahan yang datang dari Tuhan

Rabu, 21 Mei 2008

Tentang Dokter Gaul

Tanya Dokter Gaul merupakan sebuah blog yang didedikasikan untuk remaja dan keluarga Indonesia. Blog ini akan menjawab pertanyaan- pertanyaan yang berhubungan dengan keluarga dan anak. Dokter Gaul lahir pada tanggal Januari 2008 dengan konsep tanya jawab. Dokter Gaul berusaha menyajikan materi dengan cara yang berbeda agar para remaja dan anak juga betah dalam membaca.
Dokter Gaul sangat menghindari konten yang berbahaya, ataupun konten yang tak sewajarnya ditampilkan di Internet. Karena kami peduli akan kemorosotan moral bangsa yang diakibatkan oleh konten tidak bermutu di dalam sebuah website (terutama pornografi).
Semoga Blog ini dapat bermanfaat bagi seluruh keluarga dan remaja Indonesia...

Maju Terus Remaja Indonesia...


Minggu, 18 Mei 2008

Keluarga yang Broken Home Bikin Anak Nakal


Gimana sih dok, kok keluarga broken home bikin saya nakal ?


menjawab :

Masa remaja adalah masa yang dimana seorang sedang mengalami saat kritis sebab ia akan menginjak ke masa dewasa. Remaja berada dalam masa peralihan. Dalam masa peralihan itu pula remaja sedang mencari identitasnya. Dalam proses perkembangan yang serba sulit dan masa-masa membingungkan dirinya, remaja membutuhkan pengertian dan bantuan dari orang yang dicintai dan dekat dengannya terutama orang tua atau keluarganya. Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa fungsi keluarga adalah memberi pengayoman sehingga menjamin rasa aman maka dalam masa kritisnya remaja sungguh-sungguh membutuhkan realisasi fungsi tersebut. Sebab dalam masa yang kritis seseorang kehilangan pegangan yang memadai dan pedoman hidupnya. Masa kritis diwarnai oleh konflik-konflik internal, pemikiran kritis, perasaan mudah tersinggung, cita-cita dan kemauan yang tinggi tetapi sukar ia kerjakan sehingga ia frustasi dan sebaginya. masalah keluarga yang broken home bukan menjadi masalah baru tetapi merupakan masalah yang utama dari akar-akar kehidupan seorang anak. Keluarga merupakan dunia keakraban dan diikat oleh tali batin, sehingga menjadi bagian yang vital dari kehidupannya.

Penyebab timbulnya keluarga yang broken home antara lain:

a. Orang tua yang bercerai

Perceraian menunjukkan suatu kenyataan dari kehidupan suami istri yang tidak lagi dijiwai oleh rasa kasih sayang dasar-dasar perkawinan yang telah terbina bersama telah goyah dan tidak mampu menompang keutuhan kehidupan keluarga yang harmonis. Dengan demikian hubungan suami istri antara suami istri tersebut makin lama makin renggang, masing-masing atau salah satu membuat jarak sedemikian rupa sehingga komunikasi terputus sama sekali. Hubungan itu menunjukan situas keterasingan dan keterpisahan yang makin melebar dan menjauh ke dalam dunianya sendiri. jadi ada pergeseran arti dan fungsi sehingga masing-masing merasa serba asing tanpa ada rasa kebertautan yang intim lagi.

b. Kebudayaan bisu dalam keluarga

Kebudayaan bisu ditandai oleh tidak adanya komunikasi dan dialog antar anggota keluarga. Problem yang muncul dalam kebudayaan bisu tersebut justru terjadi dalam komunitas yang saling mengenal dan diikat oleh tali batin. Problem tersebut tidak akan bertambah berat jika kebudayaan bisu terjadi diantara orang yang tidak saling mengenal dan dalam situasi yang perjumpaan yang sifatnya sementara saja. Keluarga yang tanpa dialog dan komunikasi akan menumpukkan rasa frustasi dan rasa jengkel dalam jiwa anak-anak. Bila orang tua tidak memberikan kesempatan dialog dan komunikasi dalam arti yang sungguh yaitu bukan basa basi atau sekedar bicara pada hal-hal yang perlu atau penting saja; anak-anak tidak mungkin mau mempercayakan masalah-masalahnya dan membuka diri. Mereka lebih baik berdiam diri saja. Situasi kebudayaan bisu ini akan mampu mematikan kehidupan itu sendiri dan pada sisi yang sama dialog mempunyai peranan yang sangat penting. Kenakalan remaja dapat berakar pada kurangnya dialog dalam masa kanak-kanak dan masa berikutnya, karena orangtua terlalu menyibukkan diri sedangkan kebutuhan yang lebih mendasar yaitu cinta kasih diabaikan. Akibatnya anak menjadi terlantar dalam kesendirian dan kebisuannya. Ternyata perhatian orangtua dengan memberikan kesenangan materiil belum mampu menyentuh kemanusiaan anak. Dialog tidak dapat digantikan kedudukannya dengan benda mahal dan bagus. Menggantikannya berarti melemparkan anak ke dalam sekumpulan benda mati.

c. Perang dingin dalam keluarga

Dapat dikatakan perang dingin adalah lebih berat dari pada kebudayaan bisu. Sebab dalam perang dingin selain kurang terciptanya dialog juga disisipi oleh rasa perselisihan dan kebencian dari masing-masing pihak. Awal perang dingin dapat disebabkan karena suami mau memenangkan pendapat dan pendiriannya sendiri, sedangkan istri hanya mempertahankan keinginan dan kehendaknya sendiri.

Sabtu, 17 Mei 2008

Pelajar Indonesia Raih Posisi 3 Kompetisi Matematika Internasional

berita baik, berita baik ....

Para pelajar Indonesia meraih 3 medali emas, 16 perak, dan 30 perunggu pada ajang Kompetisi Matematika Internasional atau International Mathematic Competition (IMC) 2008 di Chiang Mai, Thailand, pada 25-30 Oktober 2008.

Hasil perolehan medali itu menempatkan tim pelajar Indonesia meraih posisi ketiga setelah China dan Taiwan. Prestasi ini untuk pertama kalinya bagi tim Indonesia selama keikutsertaannya dalam ajang tahunan tersebut. Bahkan, menempatkan Indonesia berada di atas tuan rumah Thailand.

Rombongan tim IMC pelajar Indonesia yang tiba di Tanah Air pada Sabtu, (1/11) pukul 12.00 WIB di terminal kedatangan II E Bandara Intenasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, itupun patut diacungi jempol. Pasalnya, dari 38 siswa yang dikirim, sebanyak 36 siswa berhasil meraih medali.

Diketahui, IMC 2008 dibagi menjadi dua divisi, yakni tingkat usia 13 tahun atau setingkat sekolah dasar (TEMIC, atau Thailand Elementary Mathematic International Competition) dan tingkat usia 16 tahun atau setingkat sekolah menengah pertama (TIWYMIC, atau Thailand Invitational World Youth Mathematics Inter-City Competition).

Pada divisi TEMIC kategori individu, tim Indonesia berhasil meraih 2 medali emas, 8 medali perak, dan 20 medali perunggu. Sedangkan pada kategori tim berhasil meraih satu medali emas dan satu medali perak.

Untuk kategori tersebut, 2 medali emas dipersembahkan Fransisca Susan (siswi SMP Santa Ursula Jakarta) dan Christa Lorenzia (siswi SMPK Tirta Martha BPK Penabur Jakarta).

Adapun pada divisi TEMIC kategori tim, medali emas diraih Tim 1 yang terdiri atas Stefano Chiesa Suryanto, Richard Akira Heru, Christa Lorenzia Soesanto, dan Nicolas Tarino.

Sedangkan, pada divisi TIWYMIC kategori individu, tim Indonesia berhasil meraih enam medali perak dan sepuluh medali perunggu, sedangkan pada kategori tim berhasil meraih satu medali perak.

Direktur Pembinaan TK/SD Depdiknas Mudjito mengatakan, para peserta yang dikirim dalam ajang tersebut adalah alumni IMSO (International Mathematic and Sciences Olympiad for Primary School) 2005 dan sebagian lagi adalah calon peserta IMSO 2008, yang akan diselenggarakan pada 8 sampai dengan 14 November 2008 di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Dari prestasi yang ditorehkan pada ajang kali ini, prestasi Indonesia cukup menanjak dibandingkan dengan prestasi tahun lalu yang hanya meraih 2 medali emas. Bahkan, pada tahun ini, hampir semua anggota yang dikirim mendapatkan medali, kata Mudjito seusai menyambut kedatangan tim di Bandara Soekarno-Hatta.

Mudjito pun menjamin, anak-anak yang meraih emas dalam ajang itu, akan diberikan beasiswa hingga melanjutkan di perguruan tinggi. ''Hal ini dijamin, oleh pemerintah. Jika memang, ada sekolah yang tidak memberikan beasiswa, silakan masyarakat melapor kepada pihak Depdiknas, atau melalui media massa,'' ujar Mudjito.

Kamis, 15 Mei 2008

Kok Anak Saya Bisa Sulit Dalam Belajar ?


Aduh Dokter bantuin dong, Kok Anak Saya Bisa Sulit Dalam Belajar ?


menjawab :

Ada beberapa penyebab kesulitan belajar yang terdapat pada literatur dan hasil riset, yaitu :

1. Faktor keturunan/bawaan

2. Gangguan semasa kehamilan, saat melahirkan atau prematur

3. Kondisi janin yang tidak menerima cukup oksigen atau nutrisi dan atau ibu yang merokok, menggunakan obat-obatan (drugs), atau meminum alkohol selama masa kehamilan.

4. Trauma pasca kelahiran, seperti demam yang sangat tinggi, trauma kepala, atau pernah tenggelam.

5. infeksi telinga yang berulang pada masa bayi dan balita. Anak dengan kesulitan belajar biasanya mempunyai sistem imun yang lemah.

6. Awal masa kanak-kanak yang sering berhubungan dengan aluminium, arsenik, merkuri/raksa, dan neurotoksin lainnya.

Riset menunjukkan bahwa apa yang terjadi selama tahun-tahun awal kelahiran sampai umur 4 tahun adalah masa-masa kritis yang penting terhadap pembelajaran ke depannya. Stimulasi pada masa bayi dan kondisi budaya juga mempengaruhi belajar anak. Pada masa awal kelahiran samapi usia 3 tahun misalnya, anak mempelajari bahasa dengan cara mendengar lagu, berbicara kepadanya, atau membacakannya cerita. Pada beberpa kondisi, interaksi ini kurang dilakuan, yang bisa saja berkontribusi terhadap kurangnya kemampuan fonologi anak yang dapat membuat anak sulit membaca.

Senin, 12 Mei 2008

Bagaimana cara mengatasi kenakalan remaja akibat broken home ?


Waduh gara-gara keluarga broken home, anak saya jadi nakal, dok bagaimana solusinya ?


menjawab :

Dalam mengatasi kenakalan remaja yang paling dominan adalah dari keluarga yang merupakan lingkungan yang paling pertama ditemui seorang anak. Di dalam menghadapi kenakalan anak pihak orang tua kehendaknya dapat mengambil dua sikap bicara yaitu:

1. Sikap atau cara yang bersifat preventif

Yaitu perbuatan/tindakan orang tua terhadap anak yang bertujuan untuk menjauhkan si anak daripada perbuatan buruk atau dari lingkungan pergaulan yang buruk. Dalam hat sikap yang bersifat preventif, pihak orang tua dapat memberikan atau mengadakan tindakan sebagai berikut :

a. Menanamkan rasa disiplin dari ayah terhadap anak.

b. Memberikan pengawasan dan perlindungan terhadap anak oleh ibu.

c. Pencurahan kasih sayang dari kedua orang tua terhadap anak.

d. Menjaga agar tetap terdapat suatu hubungan yang bersifat intim dalam satu ikatan keluarga.

Disamping keempat hal yang diatas maka hendaknya diadakan pula:

a. Pendidikan agama untuk meletakkan dasar moral yang baik dan berguna.

b. Penyaluran bakat si anak ke arab pekerjaan yang berguna dan produktif.

c. Rekreasi yang sehat sesuai dengan kebutuhan jiwa anak.

d. Pengawasan atas lingkungan pergaulan anak sebaik-baiknya.

1. Sikap atau cara yang bersifat represif

Yaitu pihak orang tua hendaknya ikut serta secara aktif dalam kegiatan sosial yang bertujuan untuk menanggulangi masalah kenakalan anak seperti menjadi anggota badan kesejahteraan keluarga dan anak, ikut serta dalam diskusi yang khusus mengenai masalah kesejahteraan anak-anak. Selain itu pihak orang tua terhadap anak yang bersangkutan dalam perkara kenakalan hendaknya mengambil sikap sebagai berikut :

a. Mengadakan introspeksi sepenuhnya akan kealpaan yang telah diperbuatnya sehingga menyebabkan anak terjerumus dalam kenakalan.

b. Memahami sepenuhnya akan latar belakang daripada masalah kenakalan yang menimpa anaknya.

c. Meminta bantuan para ahli (psikolog atau petugas sosial) di dalam mengawasi perkembangan kehidupan anak, apabila dipandang perlu.

d. Membuat catatan perkembangan pribadi anak sehari-hari.

Selasa, 06 Mei 2008

Bagaimana Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Pendidikan Anak ?


Mau Tanya Nih Dok, Bagaimana sih pengaruh lingkungan keluarga terhadap pendidikan anak ?


menjawab :


Bagi kebanyakan anak, lingkungan keluarga merupakan lingkungan pengaruh inti, setelah itu sekolah dan kemudian masyarakat. Keluarga dipandang sebagai lingkungan dini yang dibangun oleh orangtua dan orang-orang terdekat. Dalam bentuknya keluarga selalu memiliki kekhasan. Setiap keluarga selalu berbeda dengan keluarga lainnya. Ia dinamis dan memiliki sejarah “perjuangan, nilai-nilai, kebiasaan” yang turun temurun mempengaruhi secara akulturatif (tidak tersadari). Sebagaian ahli menyebutnya dbahwa Pengaruh keluarga amat besar dalam pembentukan pondasi kepribadian anak. Keluarga yang gagal membentuk kepribadian anak biasanya adalah keluarga yang penuh konflik, tidak bahagia, tidak solid antara nilai dan praktek, serta tidak kuat terhadap nilai-nilai baru yang rusak.
Lingkungan kedua adalah lingkungan masyarakat, atau lingkungan pergaulan anak. Biasanya adalah teman-teman sebaya di lingkungan terdekat. Secara umum anak-anak Indonesia merupakan anak “kampung” yang selalu punya “konco dolanan”. Berbeda dengan anak kota yang sudah sejak dini terasing dari pergaulana karena berada di lingkungan kompleks yang individualistik.
Secara umum masyarakat Jawa hidup dalam norma masyarakat yang relatif masih baik, meskipun pergeseran-pergeserannya ke arah rapuh semakin kuat. Lingkungan buruk yang sering terjadi di sekitar anak, misalnya: kelompok pengangguran, judi yang di”terima”, perkataan jorok dan kasar, “yang-yangan” remaja yang dianggap lumrah, dan dunia hiburan yang tidak mendidik.
Sebenarnya masih banyak pengaruh positif yang dapat diserap oleh anak-anak kita di wilayah budaya masyarakat Jawa, seperti: tutur kata bahasa Jawa yang kromo inggil ataupun berbagai peraturan hidup yang tumbuh di dalam budaya Jawa. Masalahnya adalah bagaiamana mengelaborasi nilai-nilai tersebut agar cocok dengan nilai-nilai modernitas dan Islam.
Namun pada masa kini pengaruh sesungguhnya mana yang buruk dan bukan menjadi serba relatif dan kadang tidak dapat dirunut lagi. Banyak anak yang mengalami kesulitan menghadapi anak bukan karena keluarga mereka tidak memberikan kebiasaan yang baik. Demikian juga banyak anak yang tetap dapat menjadi baik justru tumbuh di keluarga yang kurang baik.
Meskipun demikian secara umum berdasarkan penelitian, bahwa anak-anak akan selalu menyalahkan kondisi keluarga manakala mereka menghadapi masalah apa saja, apakah karena keluarganya telah melakukan yang benar apalagi kalau buruk.

Sabtu, 03 Mei 2008

Apa yang Dimaksud dengan Heroin Dan Opium ?

Heroin & Opium :
sangat mahal, harganya jutaan, jarang dipakai remaja. Sakauw, Habis pakai dan akibatnya sama dengan Putauw.

Sakauw :
Depresi berat, Rasa lelah berlebihan, Banyak tidur, Mimpi bertambah, Gugup, Ansietas/rasa gelisah, Perasaan curiga.Denyut jantung cepat, Gelisah, Euforia atau rasa gembira berlebihan, Rasa harga diri meningkat, Banyak bicara, Kewaspadaan meningkat, kejang-kejang, Pupil mata melebar, Tekanan darah meningkat, Berkeringat atau rasa dingin, Mual / muntah, Mudah berkelahi dan cepat tersinggung, Gangguan kejiwaan, subarachnoid/otak, Thromboemboli/penyumbatan pembuluh darah, Nystagmus, horisontal/mata bergerak tak terkendali, Distonia (kekakuan) otot leher.Aritmia jantung/gangguan irama jantung, Luka sampai sekat rongga hidung, Hilang nafsu makan, Anemia, berat badan turun

Intisari :
Heroin alias heroisch diambil dari bahasa Jerman (hero). Tahun 70-an heroin menyerbu generasi muda dalam bentuk morfin. Heroin dihasilkan dari getah buah candu. Sekarang, generasi muda kembali diserbu godaan heroin, yang dalam pergaulan dikenal sebagai putauw. Bedanya putauw dihasilkan dari kristalisasi bahan-bahan kimia sintetis, bukan dari getah buah candu. Efeknya lebih dahsyat dan harganya lebih murah. Hal ini juga merupakan godaan berat yang nggak jarang mendorong remaja untuk coba-coba. Nggak ada pemakai yang bisa menghentikan sakauw kecuali dengan mengkonsumsi putau lebih banyak lagi. Begitu terus-menerus hingga pemakai tak punya pilihan lain dan tubuhnya tak mampu menerima lagi. Ketergantungan putauw jelas mimpi buruk. Seseorang bisa melakukan hal-hal nekat jika sakau menyerang. Dengan putauw kamu bisa gembira seketika. Tapi seiring waktu, tubuh terus mentuntut dosis yang lebih banyak. Apa risikonya? Kematian yang mengenaskan menugggu di depan mata. Kandungan aktif heroin : 20 persen, Heroin Hydrichloride: 20 persen, Monoacetyl Morphine: 35 persen, The baine: 15 persen, Papaverine: 10 persen, Noscapine: 5 persen

Minggu, 27 April 2008

Sejarah Narkoba

Kurang lebih th. 2000 SM di Samaria dikenal sari bunga opion atau kemudian dikenal opium (candu = papavor somniferitum). Bunga ini tumbuh subur di daerah dataran tinggi di atas ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Penyebaran selanjutnya adalah ke arah India,Cina dan wilayah-wilayah Asia lainnya.

Cina kemudian menjadi tempat yang sangat subur dalam penyebaran candu ini (dimungkinkan karena iklim dan keadaan negeri). Memasuki abad ke XVII masalah candu ini bagi Cina telah menjadi masalah nasional; bahkan di abad XIX terjadi perangcandu dimana akhirnya Cina ditaklukan Inggris dengan harus merelakan Hong Kong.

Tahun 1806 seorang dokter dari Westphalia bernama Friedrich Wilhelim sertuner menemukan modifikasi candu yang dicampur amoniak yang kemudian dikenal sebagai Morphin (diambil dari nama dewa mimpi Yunani yang bernama Morphius).

Tahun 1856 waktu pecah perang saudara di A.S. Morphin ini sangat populer dipergunakan untuk penghilang rasa sakit luka-luka perang sebahagian tahanan-tahanan tersebut "ketagihan" disebut sebagai "penyakit tentara"

Tahun 1874 seorang ahli kimia bernama Alder Wright dari London, merebus cairan morphin dengan asam anhidrat (cairan asam yang ada pada sejenis jamur) Campuran ini membawa efek ketika diuji coba kepada anjing yaitu: anjing tersebut tiarap, ketakutan, mengantuk dan muntah-muntah. Namun tahun 1898 pabrik obat "Bayer" memproduksi obat tersebut dengannama Heroin, sebagai obat resmi penghilang sakit (pain killer).

Tahun 60-an - 70-an pusat penyebaran candu dunia berada pada daerah "Golden Triangle" yaitu Myanmar, Thailand & Laos. Dengan produksi: 700 ribu ton setiap tahun. Juga pada daerah "Golden Crescent" yaitu Pakistan, Iran dan Afganistan dari Golden Crescent menuju Afrika danAmerika.

Selain morphin & heroin adalagi jenis lain yaitu kokain (ery throxylor coca) berasal dari tumbuhan coca yang tumbuh di Peru dan Bolavia. Biasanya digunakan untuk penyembuhan Asma dan TBC.

Di akhir tahun 70-an ketika tingkat tekanan hidup manusia semakin meningkat serta tekhnologi mendukung maka diberilah campuran-campuran khusus agar candu tersebut dapat juga dalam bentuk obat-obatan.

Kamis, 24 April 2008

Apa Sih Putaw dan Bagaimana Efek Penggunaanya

Putauw :
Banana, snow white, bubuk putih ini adalah jenis heroin yg paling rendah, mudah didapat dan banyak dipakai remaja. Harganya relatif murah Paket Hemat : Rp. 25.000,-Karena banyak remaja yang terperangkap sebagai pecandu hanya karena diajak teman2nya untuk menghisap dengan hidung rame2. Padahal sesudah memakai cara dihisap terus menerus, Hidung berdarah, Hidung ingusan terus menerus, Pilek terus menerus, sehingga akhirnya remaja/pemakai berganti dengan cara suntik. Cara ini sangat berbahaya, karena bisa terjadi keracunan waktu darah dikeluarkan dan dikocok2 dijarum suntik dicampur putauw, bisa emboli, kemasukan udara dan menyumbat jantung dan jantung tersumbat dan berhenti berdetak, sehingga banyak sekali pecandu suntik putauw ditemukan mati dengan suntikan masih menempel ditangannya. Putauw ini juga jahat sekali karena kebutuhan tubuh 2 kali kelipatan, misalnya mula2 pakai 1 titik, lama2 2 titik, 4, 16, dst sampai mencapai jumlah yang sangat tinggi dan biasanya pecandu mati karena overdosis. Karena bentuknya bubuk putih, sehingga banyak sekali yang dipalsukan, kadang2 dicampur urea, bedak, tepung, obat yang ditumbuk dll. Sehingga banyak sekali penderita Putauw yang keracunan dan mati, badan menggelepar2, kejang2 dan mulut mengeluarkan busa busa.

Sakauw Putau :
Gelisah, Keringat dingin, Menggigil, tulang2 rasanya mau patah, ngilu semua, mual-mual, mata berair, hidung berair, perut sakit, tulang-tulang serasa ngilu, keringat keluar tak wajar. Bila udara dingin sedikit dia akan merasa sangat kedinginan, Keluar air mata, pupil mata membesar , Keluar ingus, Kelebihan keringat, Diare, Merinding, menguap terus- menerus, Tekanan darah naik, Jantung deg-degan, Demam, panas dingin, Nggak bisa tidur (insomnia), Otot dan tulang nyeri, sakit kepala, Persendian ngilu, Gelisah, Marah-marah, dan gampang terpancing untuk berkelahi

Habis Pakai Putauw :
Ngelamun, berkhayal,malas ngapa2in, halusinasi, merasa ada orang yg mau menyerangnya, membunuhnya dll. Mata sayu, muka pucat, tidak ada konsentrasi, hidung gatal, mual-mual(bagi pemula), mengantuk, bicara tidak jelas, pendiam, over dosis kalau pakai terlalu banyak.

Akibat :
Organ2 tubuh rusak, terutama levernya mengeras, ginjal juga rusak, bisa se-waktu2 mati karena keracunan dan overdosis. Nafsu makan kurang, susah untuk berpikir, susah untuk konsentrasi, menjadi pemarah, hepatitis … penyuntikPupil mata mengecil atau melebar akibat kekurangan oksigen (anoksia), Gembira nggak ketulungan (euforia), sedih banget (disforia), Cuek (apatis), Badanlemas, malas bergerak, ngantuk, Ngomong cadel, Nggak konsentrasi, Nggak perhatian, Lemot (lemah otak) alias daya ingat lemah, Nggak bisa membedakan realitas dengan khayalan Impotensi pada cowok, Gangguan haid pada cewek, Gangguan perut, Nafsu makan berkurang (kurus), Hepatitis / radang hati,HIV/AIDS (pemakai suntikan dengan jarum tak steril)

Intisari :
Putauw adalah derivat dari Heroin alias heroisch diambil dari bahasa Jerman (hero). Tahun 70-an heroin menyerbu generasi muda dalam bentuk morfin. Heroin dihasilkan dari getah buah candu. Sekarang, generasi muda kembali diserbu godaan heroin, yang dalam pergaulan dikenal sebagai putauw. Bedanya putauw dihasilkan dari kristalisasi bahan-bahan kimia sintetis, bukan dari getah buah candu. Efeknya lebih dahsyat dan harganya lebih murah. Hal ini juga merupakan godaan berat yang nggak jarang mendorong remaja untuk coba-coba. Nggak ada pemakai yang bisa menghentikan sakauw kecuali dengan mengkonsumsi putau lebih banyak lagi. Begitu terus-menerus hingga pemakai tak punya pilihan lain dan tubuhnya tak mampu menerima lagi. Ketergantungan putauw jelas mimpi buruk. Seseorang bisa melakukan hal-hal nekat jika sakau menyerang. Dengan putauw kamu bisa gembira seketika. Tapi seiring waktu, tubuh terus mentuntut dosis yang lebih banyak. Apa risikonya? Kematian yang mengenaskan menugggu di depan mata. Kandungan aktif heroin : 20 persen, Heroin Hydrichloride: 20 persen, Monoacetyl Morphine: 35 persen, The baine: 15 persen, Papaverine: 10 persen, Noscapine: 5 persen

Senin, 21 April 2008

Pengertian Shabu Dan Efeknya

Shabu-shabu :
Ubas, ss mecin. Gold river, coconut, crystal. shabu2 ini yang sangat mudah didapat dan sangat mudah cara mengkonsumsinya; kelihatannya shabu2 ini memang sengaja disiapkan oleh Kekuatan asing dan Mafia internasional untuk merusak generasi penerus bangsa, bubuk shabu2 yang berbentuk kristal ini sangat mudah didapat dan sangat mudah juga dipakainya, dan pemakainya tidak pernah sakauw atau merasa kesakitan kalau lagi nagih, tetapi bubuk kristal ini sangat jahat karena langsung merusak otak terutama otak yang mengendalikan pernafasan, suatu saat pecandu akan mengeluh sakit asma(sesak nafas) dan lama2 kalau tetap memakai shabu2 akan meninggal begitu saja karena kehabisan nafas, karena syaraf otak yang mengendalikan pernafasan sudah tidak berfungsi, dan tidak ada lagi instruksi untuk bernafas. Setiap hari ada berapa remaja yang meninggal hanya karena keluhan sesak nafas(asma). Cara memakai Kristal ini dibakar lalu dihisap dengan alat khusus yang disebut Bong tetapi anak2 pandai sekali bisa membuat dengan botol apa saja. Dihisap dengan mediator air. Tetapi yang pecancu tidak tahu, didalam tubuh kristal ini mengkristal kembali, sehingga paru2nya bisa berubah menjadi batu mengeras sehingga umumnya keluhan pemakai shabu-shabu adalah sesak nafas. Harga Shabu-bhabu 1 gr - Rp. 200.000,- Jenis Blue Sky yang mahal 1 gr. Rp. 500.000,- 1 gr. bisa untuk 8 orang. Biasanya dipakai 2 kali per minggu. Kristal ini paling banyak digemari karena tidak ada sakauwnya, kalau lagi nagih hanya gelisah, tidak bisa berpikir dan bekerja.

Sakauw Shabu-shabu :
Gelisah, tidak bisa berpikir, tidak bisa bekerja.Tidak bisa tenang, cepat capai, mudah marah, tidak bisa beraktivitas dengan baik, tidak ada semangat, Depresi berat, Rasa lelah berlebihan, Gangguan tidur, Mimpi bertambah

Habis pakai shabu-shabu:
Mata bendul ada garis hitam, Badan terasa panas terbakar, sehingga minum terus menerus, dan ke-mana2 selalu membawa botol aqua. Kuat tidak makan dan tidak tidur sampai ber-hari2, ngomong terus tapi suaranya jelas.Bersemangat, gariah seks meningkat, paranoid, tidak bisa diam/tenang, selalu ingin menambah terus, tidak bisa makan, tidak bisa tidur
Pernah dicoba betapa ganasnya kristal ini, ambil daging mentah dan taruh kristal ini diatasnya dan kristal ini bisa menembus masuk kedalam daging ini, bayangkan kristal seperti ini dimasukkan kedalam tubuh.

Akibat :
Merusak organ2 tubuh terutama otak, dan syaraf yang mengatur pernafasan. Banyak yang mati karena sesak nafas, dan tiba2 berhenti bernafas karena syaraf yang mengendalikan pernafasan sudah rusak dan tidak ada lagi instruksi untuk bernafas, sehingga nafasnya putus/berhenti, dan mati.Paranoid, otak suah dipakai berpikir dan konsentrasi, jet lag dan tidak mau makan.Rasa gembira / euforia, Rasa harga diri meningkat, Banyak bicara, Kewaspadaan meningkat, denyut jantung cepat, Pupil mata melebar, Tekanan darah meningkat, berkeringat/rasa dingin, Mual/muntah, (Dalam waktu 1 jam setelah pemakai gelisah),Delirium/kesadaran berubah (pemakai baru, lama, dosis tinggi), Perasaan dikejar-kejar, Perasaan dibicarakan orang, Agresif dan sifat bermusuhan, Rasa gelisah, Tak bisa diam, (Dalam waktu 24 jam).Gangguan irama detak jantung, Perdarahan otak, Hiperpireksia atau syok pada pembuluh darah jantung yang berakibat meninggal

Intisari :
Tahun 1990-an, Indonesia diserbu obat-obatan berbahan dasar amphetamine seperti ekstasi dan shabu. Dalam dunia kedokteran, amphetamine dipakai sebagai obat perangsang. Salah satunya ntuk mengatasi depresi ringan. Oleh umum, ekstasi yang berbahan dasar MDMA (Methylenedioxymethamphetamine) dan shabu dipakai untuk memperoleh rasa gembira dan tidak mengenal lelah. Dan untuk mempertahankan kondisi ini, pemakai akan menambah dosis hingga tanpa disadari sudah melampau batas. Bahayanya, nggak ada yang bisa memastikan apa sisa kandungan obat-obatan tersebut selain amphetamine. Begitu pula risiko atau efek samping apa yang bakal menghadang. Ekstasi dan shabu merangsang sistem saraf pusat (otak) hingga pemakainya tampak tak kehabisan enerji. Jika sedang "on" memang akan terasa enak tapi sesudahnya badan akan terasa letih, depresi berat, lesu, dan yang paling parah ingin mencelakakan diri sendiri dan bunuh diri. Gejala fisik lainnya, pupil akan melebar, tekananan darah meninggi, berkeringat tapi merasa kedinginan, mual atau muntah, dan kesadaran menurun. Sementara ada anggapan shabu bisa mengehntikan kecanduan taerhadap putauw (heroin). Tapi sejauh ini kebenarannya sangat diragukan. Kandungan aktif: 100 persen.

Jumat, 18 April 2008

Inex, Ecstasy, Blackheart Bagaimana dampak Penggunaanya ?

Inex, Ecstasy, Blackheart :
Kancing, I, inex.Alladin, electric, gober, butterfly, dll.Cara pakai: Berbentuk pil/kapsul.Dikunyah, dikulum, ditelan dengan air mineral. Harganya sangat mahal sehingga hanya dipakai kelas menengah keatas, executive dll.

Habis pakai:
rasanya gembira terus, maunya tertawa, hal2 yg tidak lucu saja membuat tertawa, energetik.Energik, mata sayu, muka pucat, berkeringat banyak, tidak bisa diam/over acting,tidak bisa tidur

Sakauw :
rasanya gelisah dan tidak bergairah dan tidak energetik sehingga ingin mengkonsumsi lagi.

Akibat :
Kalau dipakai terus menerus juga merusak organ2 tubuh dan juga merusak otak dan syaraf.Syaraf otak rusak, dehidrasi, liver rusak & berfungsi tdiak baik, tulang gigi keropos, jet lag, syaraf mata rusak, paras selalu ketakutan.

Langganan Artikel

Daftarkan Email Anda, untuk mendaptkan berita terbaru dari "Dokter Gaul"

Total pelanggan :

Enter your email address:

Tanya Dokter Gaul